Belanja online memang memberikan keuntungan tersendiri karena pembeli
tidak perlu beranjak dari rumah. Dengan demikian, pembeli bisa menghemat
pengeluaran ongkos bensin maupun kendaraan umum. Namun, belanja secara
online pun memiliki kekurangan yang kadang menimbulkan masalah.
Masalah
yang sering terkait dengan belanja online adalah pengiriman barang,
retur jika kondisi barang yang diterima rusak, serta kualitas produk
yang tidak sesuai dengan harapan. Selain itu, membeli barang secara
online sering terbentur dengan masalah ukuran, terutama baju dan sepatu.
Memilih Sepatu Online
Untuk menghindari “kekecewaan” saat membeli barang online, dalam hal ini sepatu, Anda harus memperhatikan tips berikut ini.
1. Perhatikan Ukuran
Jika
Anda termasuk orang yang menggunakan dua ukuran sepatu atau berbeda
ukuran untuk setiap tipe sepatu, lakukanlah double check ukuran
tersebut. Beberapa wanita kadang memesan dua nomor sepatu berbeda untuk
tipe sepatu yang diinginkan sebagai alternatif. Satu nomor yang tidak
cukup dikembalikan pada toko online yang dipilih. Namun, hal ini tidak
berlaku pada semua toko online.
2. Warna
Belanja
sepatu online hanya mengandalkan tampilan warna di monitor. Pengaturan
warna monitor tentu berbeda sehingga warna yang ditampilkan pun
berbeda-beda, meskipun tidak terlampau jauh. Oleh sebab itu,
pertimbangkanlah kecocokan warna jika Anda benar-benar mencari warna
sepatu sesuai warna pakaian.
3. Baca Rincian
Tidak
semua toko online mendeskripsikan barang dagangnya secara detail. Oleh
sebab itu, Anda harus benar-benar teliti membaca deskripsi barang yang
bersangkutan. Jika ada spesifikasi yang kurang jelas, tanyakan pada toko
online tersebut. Misalnya, toko online menjual sepatu kulit.
Tanyakanlah jenis kulitnya, asli atau imitasi, karena keduanya sangat
sulit dibedakan.
4. Ongkos Kirim
Membeli sepatu
atau barang apapun secara online berarti Anda harus mengeluarkan biaya
lebih untuk ongkos kirim barang. Biaya pengiriman akan semakin mahal
jika Anda menginginkan pengiriman kilat. Namun, ada beberapa toko online
yang tidak memberlakukan ongkos kirim jika pembeli masih berada di kota
yang sama.
5. Waktu Pengiriman
Mayoritas perempuan
memesan sepatu untuk dikenakan pada acara-acara khusus, misalnya pesta
pernikahan. Oleh sebab itu, pastikan waktu pengiriman dilakukan pada
tanggal tertentu sebelum hari H. Sepatu bermerek dan bermodel sempurna
tidak akan berarti apa-apa jika pengirimannya terlambat. Untuk mengecek
keberadaan barang, sebaiknya Anda meminta resi pengiriman pada pihak
toko online sebagai antisipasi jika barang terlambat.
6. Pengembalian
Mayoritas
toko oline memberikan penawaran pengembalian barang yang Anda beli
dengan syarat dan kondisi khusus. Misalnya, ada lem sepatu yang tidak
rekat saat barang diterima. Anda bisa meminta dikirim barang baru dan
mengembalikan barang yang dinilai cacat itu. Biasanya, toko online akan
memberikan jangka waktu 14 hari untuk pengembalian produk. Oleh sebab
itu, telitilah memeriksa syarat dan kondisi barang.
(Credit to : Anne Ahira : http://www.anneahira.com/sepatu-online-18018.htm)
No comments:
Post a Comment