Friday, August 29, 2014

Tips Membeli Sepatu Online

Belanja online memang memberikan keuntungan tersendiri karena pembeli tidak perlu beranjak dari rumah. Dengan demikian, pembeli bisa menghemat pengeluaran ongkos bensin maupun kendaraan umum. Namun, belanja secara online pun memiliki kekurangan yang kadang menimbulkan masalah.

Masalah yang sering terkait dengan belanja online adalah pengiriman barang, retur jika kondisi barang yang diterima rusak, serta kualitas produk yang tidak sesuai dengan harapan. Selain itu, membeli barang secara online sering terbentur dengan masalah ukuran, terutama baju dan sepatu.

Memilih Sepatu Online

Untuk menghindari “kekecewaan” saat membeli barang online, dalam hal ini sepatu, Anda harus memperhatikan tips berikut ini.

1. Perhatikan Ukuran

Jika Anda termasuk orang yang menggunakan dua ukuran sepatu atau berbeda ukuran untuk setiap tipe sepatu, lakukanlah double check ukuran tersebut. Beberapa wanita kadang memesan dua nomor sepatu berbeda untuk tipe sepatu yang diinginkan sebagai alternatif. Satu nomor yang tidak cukup dikembalikan pada toko online yang dipilih. Namun, hal ini tidak berlaku pada semua toko online.

2. Warna

Belanja sepatu online hanya mengandalkan tampilan warna di monitor. Pengaturan warna monitor tentu berbeda sehingga warna yang ditampilkan pun berbeda-beda, meskipun tidak terlampau jauh. Oleh sebab itu, pertimbangkanlah kecocokan warna jika Anda benar-benar mencari warna sepatu sesuai warna pakaian.

3. Baca Rincian

Tidak semua toko online mendeskripsikan barang dagangnya secara detail. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar teliti membaca deskripsi barang yang bersangkutan. Jika ada spesifikasi yang kurang jelas, tanyakan pada toko online tersebut. Misalnya, toko online menjual sepatu kulit. Tanyakanlah jenis kulitnya, asli atau imitasi, karena keduanya sangat sulit dibedakan.

4. Ongkos Kirim

Membeli sepatu atau barang apapun secara online berarti Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk ongkos kirim barang. Biaya pengiriman akan semakin mahal jika Anda menginginkan pengiriman kilat. Namun, ada beberapa toko online yang tidak memberlakukan ongkos kirim jika pembeli masih berada di kota yang sama.

5. Waktu Pengiriman

Mayoritas perempuan memesan sepatu untuk dikenakan pada acara-acara khusus, misalnya pesta pernikahan. Oleh sebab itu, pastikan waktu pengiriman dilakukan pada tanggal tertentu sebelum hari H. Sepatu bermerek dan bermodel sempurna tidak akan berarti apa-apa jika pengirimannya terlambat. Untuk mengecek keberadaan barang, sebaiknya Anda meminta resi pengiriman pada pihak toko online sebagai antisipasi jika barang terlambat.

6. Pengembalian

Mayoritas toko oline memberikan penawaran pengembalian barang yang Anda beli dengan syarat dan kondisi khusus. Misalnya, ada lem sepatu yang tidak rekat saat barang diterima. Anda bisa meminta dikirim barang baru dan mengembalikan barang yang dinilai cacat itu. Biasanya, toko online akan memberikan jangka waktu 14 hari untuk pengembalian produk. Oleh sebab itu, telitilah memeriksa syarat dan kondisi barang.

(Credit to : Anne Ahira : http://www.anneahira.com/sepatu-online-18018.htm)

No comments:

Post a Comment